Sabtu, 22 Desember 2018

Pandji Pragiwaksono World Tour Yogyakarta Review (SPOILER ALERT)

2 Desember yang lalu, saya berkesempatan untuk menonton Stand Up World tour nya Pandji yang, ke...? Berapa ya? 3 sih kayaknya, MB (Mesakke Bangsaku), JB (Juru Bicara), Pandji Pragiwaksono. Dan specialnya yang ke 5. Ditambah BTT (Bhineka Tunggal Tawa) sama MDB (Merdeka Dalam Bercanda). Saya pernah nonton JB sama Pandji Pragiwaksono. Dua-duanya di Jogja.

Okey, by the time saya nulis ini, sekarang pukul 02.13 dini hari tanggal 23 Desember, jadi ya sudah lumayan lupa soal bit-bit yang dibawakan. Oya!! Sebelumnya, saya ingatkan, buat yang belum nonton, SPOILER ALERT. Nonton film di spoilerin sebenernya gapapa. Nonton Stand Up di spoilerin lebih parah sih, karena unsur kejutan itu salah satu kunci ketawa penonton. Kalo nggak terkejut sama punchline nya, yah, susah deh ketawanya. Okey, anyway, Tournya bang Pandji juga tinggal 2 doang, Bali sama Jakarta, jadi buat yang beli tiket sebagian besar udah pada nonton semua ya. Okey, kebanyakn bacot, langsung saja cuss ke review. Ini yang di Jogja ya.


1. Durasi

Kalau kalian ngikutin yutub atau sosmednya bang pandji, yang membedakan antara kota satu dengan yang lain adalah.. gak ada. Yang beda materinya cuma Jakarta, katanya juga beda dikit. Tetapi.. kalau ngelihat Yutubnya Bang Pandji, kayaknya emang durasinya tiap kota kurang konsisten. Dan memang dimaklumi apalgi mungkin list premise nya banyak banget, ya ngapalinnya juga susah, dan harus adaptasi ke penonton. Kalau di Jogja sendiri, bang Pandji Stand Up sekitar 3 jam. Itu cukup lama lho haha. Tapi saya seneng sih, karena ya, karena nyaman aja nontonnya.

2. Venue

Secara Venue, jujur, ini kalah jauh sama jaman JB dulu. Waktu JB, tempatnya nyaman banget, sound, nyaman, tempat duduk nyaman, kayak bioskop tapi gedenya segede 5 studio. Tempat duduknya juga berundak gitu. Waktu JB, kalo yang di Jogja pasti tau nih, tempatnya di Aula Sanata Dharma. Kalo yang kemarin Pandji Pragiwaksono, itu di Convention Hall Sahid Hotel, yang di Jalan Seturan. Ya keliatan lebih mewah sih, tapi jujur, kesannya kayak seminar, dan soundnya, haduh, parah. Padahal saya dapet tiketnya yang GOLD. Tapi saya tetep ketawa kok.

3. Materi

Jujur saya udah lupa cukup banyak materi-materi apa aja yang dibawain bang Pandji. Tapi, dibandingin JB, yang ini Jauh, Jauh, Jauh lebih enteng haha. Maksudnya, keliatan banget yang ini tuh, lebih friendly buat otak ya, juga tentunya buat bang Pandji sendiri haha. Karena waktu JB tuh keknya ngomongin Ganja, ngomongin 98, ngomongin sensor, ngomongin orang utan, yang notabene, kebanyakan orang, wawasannya ga sedalem itu. Sehingga, bang Pandji, harus ngejelasin dulu apa yang mau disampaikan. Kalau yang ini, keknya keresahannya bener-bener keresahannya bang Pandji, bener-bener sesuatu yang ada di sekitarnya bang Pandji. Yang paling nempel di otak saya adalah Tikus Anjing sama Pembandingan antara Playboy dan Pelaku Pelecehan Seksual, itu nempel terus, ga bisa lupa haha. Dan, seperti biasa, komedi nya bang Pandji itu, tidak absurd, tapi kadang ada unsur exaggerating-nya kayak bitnya Dipo. Bitnya Dipo intinya adalah menjelaskan perilaku Dipo yang aneh. Salah satunya waktu Dipo dibawa ke Yayasan kankernya bang Pandji. Disitu, Dipo waktu kenalan ke anak-anak yayasan kankernya, bilang : NAMAKU DIPO, AKU SEHAT. Disitu saya merasa ah masa sih kek gitu, terus reaksi setelah Dipo ngomong gitu, saya sih ga percaya juga, tapi ah ya saya ketawa juga, hebatnya bang Pandji. Tapi ya kalo dipikir2, tiap turnya bang Pandji ada materi Dipo, dan semuanya aneh-aneh. Jadi ya penonton kayaknya juga udah ga curiga lagi Dipo seaneh itu haha. 

Dan Riffingnya bang Pandji, gilak, kayaknya banyak banget haha. Dibandingin sama komik yang pernah saya tonton, Riffingnya bang Pandji waduh, banyak banget. Saya gainget mana aja. Tapi saya inget salah satunya yang ketika dilempar pertanyaan, terus pada hening, terus bang pandji ngomong apa gitu. Itu riffingnya ada juga di JB. Terus biasalah, riffing asal penonton. Yang menarik dari Riffingnya bang Pandji, kayaknya, emang udah diperkirakan jawabannya. Saya inget banget, kayaknya waktu itu bang Pandji menanggapi Riffing yang tidak sesuai dengan suara penonton. Saya cukup yakin waktu itu yang diomongin bang Pandji, penonton ga ada yang nyaut soal itu. Tapi ya, tetep aja, lucu.

Selain itu Bang Pandji cerita masa kecilnya, waktu orang tuanya belum menikah. Itu lucu sih, soalnya buat ngedeskripsikan ibunya yang thug life itu bang Pandji pakek lagu Thug Life yang biasa dipake di meme. Orisinal sih itu haha. bang Pandji juga cerita masa SMAnya di Gonzaga, bagaimana jadi minoritas dimana seharusnya dia mayoritas. Oya, dan ada bit soal Jogja di awal haha. Ketahuan banget bang Pandji risetnya cuma dari koran haha. Dari sekian banyak isu yang terjadi di Jogja, masa mbawain isu ada Superindo baru di Sleman.

Secara overal sih, saya merasa bang Pandji adalah wise man yang berstand up comedy haha. Karena ya entah kenapa yang dibawain itu akhirnya dibawa yang ke klise klise, kayak mayoritas minoritas, atau karena perceraian orang tuanya, bang pandji jadi sering berteman dengan dua kubu yang berseberangan. Lucu sih, ya kalo ga lucu sih aneh, tiketnya mahal. Tapi, kalau dengan pesona wise man, membawa materi yang ringan-ringan ya, ya jadinya juga ringan haha. Maksudnya ga ada opini yang nakal dari Pandji. Semua bit kayaknya cuma didukung oleh kemampuan story tellingnya yang luar biasa sih. Selebihnya, gak ada opini yang bikin 'oh iya ya'. Bang Pandji tu lebih ngasih wawasan baru dibanding memberi sudut pandang baru. Menurut saya pribadi lhoh ya. Dan itu emang dari dulu kayak gitu. 

KESIMPULAN

Bang Pandji adalah stand up comedian terlaris di Indonesia, tapi, dengan kelarisannya, harusnya bang Pandji bisa lebih nakal dan lebih dark. Tapi kalau memang bang Pandji seperti itu ya apa mau dikata. Mungkin kebanyakn gaul sama pak Anies ini haha. 

Secara Lucu, emang lucu banget, ya 10/10. Secara venue 4/10. Secara Materi 7/10. 

Tidak ada offense, tapi kalau bang Sammy Notaslimboy bikin acara di hari yang sama dengan bang Pandji, saya jelas akan pilih bang Sammy haha. Karena opininya yang nakal. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar